Mataram, Universitas Mataram –Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) tingkat Universitas Mataram (Unram) telah berakhir.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si mengabarkan para pemenang kompetisi tersebut kepada Humas Unram di gedung Rektorat, Kamis (30/7) pagi.

“Panitia dan Dewan Juri telah menetapkan dan memutuskan Juara 1 s/d 4 untuk KDMI,” tuturnya.

Keempat pemenang untuk kategori KDMI tersebut adalah tim Argument 2 sebagai Juara I, tim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai Juara II, tim Argument 1 sebagai Juara III dan tim Program Studi (Prodi) Sosiologi sebagai Juara Harapan I.

Sama halnya dengan KDMI, NUDC juga dipilih empat tim sebagai pemenang. Para Pemenang NUDC itu antara lain tim Argument A sebagai Juara I, tim Argument B sebagai Juara II, tim Fakultas Kedokteran sebagai Juara III, dan tim Prodi Hubungan Internasional sebagai Juara Harapan I.

“Dewan Juri akan membina para pemenang untuk mempersiapkan diri berkompetisi di tingkat wilayah,” jelasnya.

Guru Besar Fakultas Peternakan Unram itu mengungkapkan KDMI tingkat wilayah sendiri pendaftarannya telah dibuka sejak tanggal 10 Juli 2020 lalu hingga 30 Juli 2020 pukul 18.00 WIB atau pukul 19.00 WITA. Dia juga menambahkan sesuai dengan surat himbauan dari Kemendikbud, maka seluruh kegiatan lomba pada 2020 akan dilaksanakan secara daring.

“Jadi Kompetisinya (KDMI tingkat wilayah,) akan dilaksanakan daring,” terangnya.

Prof. Enny berpesan kepada seluruh pemenang agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar bisa menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam berfikir kritis, kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi.

“Tingkatkan kepercayaan diri untuk bersaing ke tahap berikutnya,” serunya.