Mataram, Universitas Mataram – Keluarga besar Universitas Mataram (Unram) terdiri dari Dosen, Pegawai dan Mahasiswa laksanakan Upacara HUT KORPRI Ke – 48 di lapangan Rektorat Unram, Jumat (29/11).

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum selaku Pembina Upacara menyampaikan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Dalam sambutan tersebut, Presiden menyatakan bahwa dunia saat ini berubah dengan cepat dan amat sangat berbeda dengan dua puluh, tiga puluh atau empat puluh tahun lalu. Sebab revolusi industri jilid ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalam berkomunikasi tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga menambahkan bahwa persaingan antarnegara semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar dan memperebutkan talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya.

“Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cara-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru” tuturnya.

Presiden menyatakan bahwa kecepatan, kreativitas dan inovasi adalah kunci. Dia  mengajak untuk meninggalkan cara-cara lama yang monoton, yang tidak kompetitif agar tidak diteruskan lagi. Presiden menekankan agar ASN harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

“Saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. Tidak ada pola fikir lama, tidak ada lagi kerja linear dan rutinitas” imbuhnya.

Pria asal Solo itu mengajak agar ASN berubah dengan membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan.

“Kuncinya adalah kita mau bersatu. Persatuan dan kesatuan adalah pengikat kita untuk menuju Indonesia maju. Tanpa persatuan, kemajemukan Negara kita tidak akan pernah menjadi energi kolektif untuk mencapai kemajuan” pungkasnya.