Mataram, Universitas Mataram – Wakil Rektor bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi Yusron Sa’adi, ST. M.Sc., Ph.D menerima kunjungan kerja Prof. Ing. David Herak, Ph.D dari Czech University of Life Sciences Prague (CULS) di Ruang Sidang Rektor Gedung Rektorat Unram, Jumat (28/2) kemarin.

Kunjungan Kerja Wakil Dekan bidang Hubungan Internasional Universitas Ceko itu dalam presentasinya menjelaskan tentang Fakultas Teknik.

Prof. David menjelaskan bahwa Fakultas Teknik di CULS didirikan sejak pada tahun 1952 dan hingga saat memiliki 2.200 mahasiswa dengan 88 orang tenaga dosen.

“Fakultas Teknik ini memiliki 10 jurusan” terangnya.

Dia menyebutkan ke-10 jurusan itu antara lain Teknik Matematika, Teknik Fisika, Teknik Mekanik, Teknik Elektro dan Automotif, Teknik Ilmu Material dan Teknologi Manufaktur, Teknik Kendaraan dan Transportasi Tanah, Teknik Mesin Agrikultur, Teknik Peralatan Teknologi Bangunan, Teknik Pemanfaatan Mesin, serta Teknik Kualitas dan Ketahanan Mesin.

“Tujuan dari Fakultas Teknik ini adalah untuk mengedukasi mahasiswa antara lain tentang, sektor pangan dari hasil pertanian/agrikultur, menjalankan transportasi automobile, teknologi manajemen sampah, perdagangan dan bisnis yang melibatkan mesin, serta peralatan teknologi untuk membangun sebuah kota” jelasnya.

Prof. David mengatakan bahwa masyarakat NTB khususnya Unram berkesempatan melanjutkan program Magister maupun Doktoralnya ke CULS dengan Beasiswa Merit (Merit Scholarship).

“Beasiswa ini berkaitan erat dengan kemampuan akademis pelamar yang harus sesuai dengan standar yang telah kami tetapkan” urainya.

Selain beasiswa, Prof. David juga mengatakan peluang kerjasama pendidikan yang lain adalah program Summer School (SS) dari CULS yang setara dengan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) ataupun program magang.

“Program Summer School ini berjalan selama 3 bulan. Jadi mahasiswa program ini bisa beraktivitas di fakultas atau wilayah yang sesuai dengan isi program kerja mereka” bebernya.

Tak ketinggalan pula, Dia pun mengatakan bahwa untuk dosen juga terdapat program pelatihan pembuatan dan penulisan jurnal internasional yang terindeks Scopus.

“Saya sering mengisi kegiatan pelatihan penulisan jurnal internasional di berbagai negara” akunya.

Yusron sangat mengapresiasi presentasi berikut tawaran-tawaran kerjasama dari Prof. David tersebut. Dia mengatakan bahwa Unram menyambut baik peluang-peluang kerjasama potensial itu.

“Saya menyambut baik tawaran dari Prof. David Herak, dan saya berharap kunjungan Prof. David ke NTB tidak hanya untuk keperluan akademis, namun juga untuk berwisata” tutupnya.