Pusat Bahasa

Home/Pusat Bahasa
Pusat Bahasa 2017-05-02T11:29:17+00:00

Pusat Bahasa

Pusat Bahasa UNRAM berawal dari sebuah laboratorium bahasa yang dirintis dan diketuai oleh Drs. Abdul Karim Sahidu.  Dari lembaga setingkat laboratorium ini lab. bahasa meningkat menjadi Pusat Penelitian Bahasa dan Kebudayaan (P2BK) yang diketuai oleh Drs, Husni Muadz, MA, PhD.  Pada tahun 1997 lembaga ini berubah menjadi Pusat Bahasa yang pertama kali dipimpin oleh Drs. Mahyuni, MA, PhD kemudian dilajutkan berturut-turut oleh Drs. Priyono, MA, PhD dan diteruskan oleh         Drs. Nurtaat, MA dilanjutkan oleh Drs. Sahuddin, MA sampai sekarang.  Dalam penyelenggaraan kegiatannnya, unit ini dapat mengisi kelemahan penguasaan bahasa asing bagi mahasiwa UNRAM.

Pusat Bahasa UNRAM menyediakan layanan bahasa sesuai dengan misi dan visi UNRAM. Pelatihan bahasa asing diberikan untuk menunjang tugas pokok universitas dalam bidang pelayanan, pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa asing bagi sivitas akademika UNRAM serta untuk melayani kebutuhan masyarakat umum. Pelatihan bahasa asing dikembangkan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang canggih. Pusat Bahasa Unram juga melakukan penelitian bahasa dan membina kerjasama dalam bidang pelatihan bahasa dengan lembaga lain, baik di dalam maupun di luar negeri.  Pusat Bahasa Unram melakukan kerjasama dengan RUILI (Regional Universities for Indonesian Language Iniciative) suatu konsorsium pengajaran Bahasa Indonesia di Australia sampai tahun 2019.

Layanan yang dilakukan saat ini, antara lain pelatihan guru-guru bahasa Inggris, BIPA, tes penempatan, pelatihan TOEFL dan IELTS.