Mataram, Universitas Mataram – Lembaga Penjaminan Mutu Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Mataram (Unram) menggelar acara Workshop Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi (IT) sekaligus melakukan Pelaunchingan Pembelajaran Berbasis IT di Lingkungan Universitas Mataram bertempat di ruang Sidang Senat Rektorat Unram, Selasa (17/9).

Hadir diacara tersebut Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., Wakil Rektor Bidang Akademik Agusdin SE., MBA., DBA, dekan maupun wakil dekan, direktur pasca sarjana, ketua program studi, sekretaris program studi dan dosen-dosen yang mata kuliahnya terkait dengan pembelajaran berbasis IT di lingkungan Unram.

Pelaunchingan program Pembelajaran berbasis IT ini adalah sebagai salah satu bentuk ikhtiar Unram untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, akreditasi maupun kualitas klasterisasi perengkingan perguruan tinggi dari kemenristekdikti.

Ketua LPMPP Unram Ir. Herman Suheri, M.Sc., Ph.D menerangkan bahwa pembelajaran Berbasis IT/Daring ini berada dibawah kordinasi LPMPP secara langsung dan proses implementasinya akan dilaksanakan secara bertahap.

Pelaksanaan pembelajaran Berbasis IT akan dilaksanakan secara simultan melalui 4 gelombang dengan mengadakan kegiatan Workshop untuk mensosialisasikan program ini . Gelombang pertama, akan diikuti oleh para Ketua Program Studi. Gelombang kedua, akan diikuti oleh para Sekretaris Program Studi dan dua gelombang berikutnya akan diikuti oleh para dosen yang mata kuliahnya terdaftar untuk dijadwalkan masuk dalam pembelajaran daring.

“Tidak hanya berupa workshop, akan diberikan juga experience oleh narasumber yang memang ahli di bidang pembelajaran daring, sehingga bapak-bapak dapat menghasilkan sesuatu yang dapat ditayangkan di dalam sistem pembelajaran daring kita.”

Program pembelajaran daring ini juga merupakan program dari Kemenristekdikti yang dicanangkan sejak tahun yang lalu dan dijadikan sebagai salah satu indikator perengkingan perguruan tinggi di Indonesia selain indikator-indikator lainnya seperti mahasiswa asing, dosen asing dan program studi bertaraf internasional.

“Allhamdulillah, pembelajaran daring tidak sekedar di launching namun akan segera kita laksanakan” tegas Prof. Husni dalam sambutannya.

“Program pembelajaran daring tentu sangat berguna bagi bapak-ibu dosen yang sibuk diluar, sehingga tidak ada alasan untuk tidak kuliah karena melalui pembelajaran daring dapat dilakukan dimana saja” tambah Prof. Husni.

Prof. Husni kemudian melakukan pelaunchingan pembelajaran berbasis IT sesaat sebelum menutup sambutannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan workshop yang dijadwalkan berlanjut hingga tujuh hari kedepan dengan menghadirkan narasumber ahli dalam pembelajaran daring untuk mensosialisasikan mekanisme pembelajaran tersebut kepada para ketua program studi, para sekretaris program studi dan para dosen yang mata kuliahnya dijadwalkan masuk dalam pembelajaran daring.