Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Lalu Husni, SH., M.Hum melepas kontingen Unram yang lolos seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 tahun 2019 di ruang lobi Rektor, Senin (26/8).

Ajang bergengsi tingkat nasional yang akan dihadiri oleh 460 Tim PKM yang berasal dari 150 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia itu akan diselenggarakan di Universitas Udayana (Unud) Bali pada tanggal 27 Agustus – 31 Agustus 2019. Tema yang diangkat dalam PIMNAS ke-32 sangat erat kaitannya dengan tema HUT ke-74 RI yaitu “Mewujudkan Mahasiswa Indonesia Yang Kreatif, Inovatif, Unggul dan Mandiri Berlandaskan Budaya Nasional dalam Bingkai Kebhinekaan”.

Adapun setelah melakukan serangkaian tahapan seleksi yang ketat, terdapat 4 proposal mahasiswa Unram yang lolos PIMNAS ke-32 menuju Unud.  Pertama, proposal dengan judul “Jus Kocok Arisan ; Kelor Cokelat Anti Radang Tenggorokan” jenis PKM-K yang digagas oleh mahasiswa atas nama Baiq Veni Fidia M. P, M. Sulthan Ardhi Pratama F., Yofani Laurintia dan Zikriyya Melati Rahmaty dengan dosen pembimbing dr.Seto Priyambodo, M.Sc. Kedua, proposal dengan judul “EKOFISH : Program Edukasi Optimalisasi Pemanfaatan Ekosistem Mangrove Kepada Masyarakat Dusun Cemara, Lombok Barat” jenis PKM-M yang digagas oleh mahasiswa atas nama Nazar Amrullah, Sulfah Rahmadiah, Bq. Mia Rexa Liani, Sopian Efendi dan Susi Susanti dengan dosen pembimbing Dr.Ir.Sitti Hiliana, M.Si.

Ketiga, proposal dengan judul “Solidaritas Sosial Beseru Dalam Daya Juang Masyarakat Pasca Gempa Di Desa Sembalun Bumbung” jenis PKM-PSH yang digagas oleh mahasiswa atas nama Siti Ilhami Fatmahandayani, Peri Anggaraeni dan Nurul Haromain dengan dosen pembimbing Maya Atri Komalasari, S.Sos., M.A.Comms. Keempat,  proposal dengan judul “Inovasi Penerapan Adat Awik-Awik Berbasis Comanagement Dalam Mewujudkan Perikanan Hiu Berkelanjutan Untuk Mencapai SDG’30 Di Tanjung Luar” jenis PKMGT dengan dosen pembimbing Alis Mukhlis, S.PI., M.Si.

“Selamat mengikuti PIMNAS, jaga kesehatan, tampil lepas dan jangan terbebani. Semoga sukses selalu dan semoga bisa membawa nama baik Unram. Ibu/Bapak dosen pembimbing tolong terus didampingi dan diberikan support supaya bisa tampil maksimal, tapi tidak harus terbebani. Yang penting kita sudah lakukan persiapan matang dengan ikhtiar dan doa, sisanya kita serahkan kepada yang Kuasa” pesan Prof. Husni hangat.