Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum meresmikan Gedung Pelayanan Kemahasiswaan, Alumni dan Kantin di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram, Jumat (28/8) pagi.

Prof. Husni memberikan apresiasi kepada Dekan dan seluruh civitas akademika FKIP atas kerja keras dan terobosan yang telah dilakukan, sehingga gedung layanan kemahasiswaan, alumni dan kantin bisa sudah bisa beroperasi.

“Saya yakin kantin yang asri ini, akan mendapat tempat tidak saja di kalangan civitas akademika FKIP, tapi juga Unram dan mudah-mudahan juga masyarakat luar,” tutur Prof. Husni memulai sambutannya.

Prof. Husni berpesan agar kantin yang digarap dengan konsep milenial tersebut bisa tetap dijaga kebersihan dan kenyamanannya. Dia juga mendorong agar kantin menyediakan menu-menu spesial untuk menjadi ciri khas, sehingga  bisa menjadi daya tarik bagi konsumen.

“Kantin menjadi tempat yang sangat vital tidak hanya untuk menikmati makanan dan minuman, tapi kita harapkan kedepan untuk jadi tempat bagi lahirnya pemikiran, inspirasi, khususnya bagi mahasiswa-mahasiswa kita untuk banyak melahirkan proposal-proposal PKM,” serunya.

Rektor Unram ke-9 itu mendorong  supaya FKIP melengkapi kantin dengan fasilitas WIFI, agar mahasiswa tak hanya menikmati makanan dan minuman yang tersedia, namun juga bisa berdiskusi mengadu ide mereka. Demikian pula halnya dengan layanan kemahasiswaan, dia mendorong agar FKIP terus meningkatkan layanan kemahasiswaan dengan pemberian fasilitas yang memadai untuk kegiatan kemahasiswaan.

“Dengan adanya gedung ini, mudah nanti untuk mengontrol kegiatan kemahasiswaannya,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Unram Prof. Dr. A Wahab Jufri, M.Sc mengatakan gedung dua lantai itu kedepan akan ditingkatkan menjadi tiga lantai. Lantai satu yang memiliki tujuh lokal, digunakan sebagai kantin yang digarap dengan konsep milenial. Beberapa lokal diantaranya akan digunakan oleh alumni dan mahasiswa untuk berlatih berwirausaha, dan satu lokal diantaranya akan dikelola oleh FKIP untuk memberikan kesejahteraan pegawai.

“Adapun di lantai dua ada ruang pertemuan mahasiswa, ruang sekretariat kemahasiswaan, seperti ORMAWA, BEM dan DPM,” beber Prof. Jupri.

Prof. Jupri menegaskan ruang sekretariat kemahasiswaan tersbut harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh mahasiswa untuk berkarya dan berprestasi. Mengingat prestasi mahasiswa telah menjadi salah satu indikator dalam pemeringkatan perguruan tinggi. Sehingga dia meminta mahasiswa agar memanfaatkan ruang itu dengan sebaik-baiknya. Adapun lantai tiga akan dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kegiatan alumni.

“Gedung ini dibangun agar mahasiswa bisa berkreasi, berkarya dan berprestasi, bukan bermalas-malasan,” tegasnya.