Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum melantik pejabat struktural Eselon II a. Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) Unram di Ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram, Senin (31/8).

H. Aman, SP. dilantik sebagai Kepala Biro Umum dan Keuangan yang baru menggantikan Drs. Swastahadi yang telah purna tugas. Pelantikan Kepala BUK sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Nomor : 74292/MPK.A/RHS/KP/2020 tentang Pemberhentian Dari Jabatan Administrator dan Pengangkatan Sebagai Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Mataram, tertanggal 26 Agustus 2020.

H. Aman, SP. terpilih menjadi Kepala BUK yang baru setelah melalui serangkain seleksi ketat bersama 5 (lima) calon biro, dan tiga nama dengan perolehan poin tertinggi pada penilaian karya tulis/makalah, presentasi, dan beberpa kompetensi lainnya untuk selanjutnya dikirimkan ke Kementerian. Harapannya, hasil seleksi tersebut dapat menjaring kepala BUK yang memiliki kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural dan kompetensi teknis, sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang ditetapkan.

Jejak karir H. Aman, SP. di Unram terbilang cukup cemerlang, masuk sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Unram sejak tanggal 1 Maret 1989 dan pertama kali menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kemahasiswaan Fakultas MIPA pada 30 November 2007. Pada tahun 2009 dipercaya sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan Fakultas Ekonomi, Pada tahun 2012 di mutasi sebagai Kepala Sub Bagian Pendidikan Fakultas Ekonomi.

Karirnya terus meningkat dengan diangkat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Teknik pada tahun 2015, kemudian dimutasi sebagai Kepala Bagian Barang Milik Negara (Kabag BMN) sejak tanggal 30 Juli 2015 hingga tanggal 25 Agustus 2020 lalu.

“lanjutkan kinerja yang sudah dicapai oleh kepala BUK sebelumnya. tugas kepala BUK berkaitan dengan eksekusi, sebagaimana amanat Pemerintah untuk melakukan eksekusi terhadap program-program kerja secara terstruktur dan dilakukan dengan perencanaan yang matang sejak awal,”pesan Prof. Husni saat menyampaikan sambutan.

“Oleh karena itulah, segera berkordinasi agar bisa menyusun schedule (jadwal, red.) dengan sebaik-baiknya melalui diskusi,” lanjutnya.

Lebih jauh Prof. Husni mengatakan bahwa asset dan kepegawaian merupakan hal penting untuk mendapat perhatian. “Kepegawaian sebentar lagi akan melaksanakan peraturan Menteri yang berkaitan dengan reformasi birokrasi. Sehingga perlu persiapan yang matang agar bisa melaksanakan apa yang telah ditugaskan oleh kementrian,” katanya.

Selain itu masalah hukum, tata laksana dan kehumasan juga perlu dibenahi, khususnya humas, Rektor berharap di bawah kepemimpinan Biro yang baru setiap fakultas memiliki humas dan bisa berkordinasi dengan humas Unram secara keseluruhan dengan baik, agar informasi bisa disampaikan melalui satu pintu.

Sementara itu, H. Aman, SP. mengaku sangat bersyukur atas amanah yang baru diterimanya itu. “Allhamdulillah sangat bersyukur kepada Allah atas amanah yang diberikan dan saya akan melaksanakan tugas sesuai dengan yang diamanahkan,” tuturnya kepada Humas Unram usai acara Pelantikan.

Dia mengaku akan melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh kepala BUK sebelumnya, serta akan melaksanakan beberapa poin yang menjadi arahan dari Rektor.