Rektor Unram Minta Mahasiswa Tingkatkan Prestasi

Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum meminta mahasiswa untuk meningkatkan prestasi kemahasiswaan. Hal ini disampaikan Prof. Husni saat melantik pengurus Ormawa yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Mataram periode 2021 di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram, Kamis (4/3).

“Salah satu unsur penilaian kinerja Perguruan Tinggi adalah kinerja kemahasiswaan, yang diperoleh dari prestasi di bidang kemahasiswaan pada forum nasional maupun internasional,” tutur Prof. Husni.

Unsur penilaian prestasi mahasiswa ini dapat dilihat dari keberhasilan mahasiswa menyabet juara pada kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), maupun kegiatan lain yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar negeri.

“Karena itu saya berharap kepada Ormawa agar berkiprah untuk meningkatkan prestasi di bidang kemahasiswaan,” sebut Rektor Unram ini.

Baca Juga : Bekali Mahasiswa Unram Jiwa Kepemimpinan dan Manajerial, BAKP Gelar LKMM-TD

Guru Besar Ilmu Hukum Unram ini juga mengingatkan bahwa proses belajar harus didukung dengan semangat yang kuat serta keterampilan harus terus dikembangkan. Selain itu, kecerdasan spiritual harus tetap dipelihara untuk menggapai cita-cita yang diinginkan.

 

“Karena kompetensi inilah yang akan terus menjaga kita untuk terus bersandar pada etika moralitas, perilaku kerja yang sarat integritas dan keluhuran,” sambungnya.

 

Dijelaskan pula, di era disrupsi saat ini mahasiswa tidak cukup memiliki keterampilan biasa namun mereka harus memiliki keterampilan baru seperti literasi data, keterampilan teknologi dan keterampilan sosial. Oleh karena itu, Prof. Husni berpesan agar pengurus Ormawa bisa memanfaatkan waktu dengan baik di Universitas Mataram sehingga mereka memiliki bekal yang mumpuni untuk terjun ke masyarakat.