Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menyelenggarakan Kuliah Umum kewirausahaan bekerjasama dengan komunitas Tangan Di Atas (TDA) wilayah Mataram menghadirkan pembicara Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A., M.B.A atau lebih dikenal dengan Sandiaga Uno selaku Founder OKE OCE Indonesia dan Khairul Mahfudz, S.Si., M.Si, selaku Founder Pesantren Digital Indonesia sekaligus CEO PT.Homey Bali di Gedung Dome Unram, Kamis (29/8).

Wakil Rektor Bidang Akademik Agusdin, SE., MBA, DBA. Saat membuka acara kuliah umum berharap para mahasiswa bisa menjadi pengusaha yang membuka lapangan kerja dan tidak bercita-cita menjadi pegawai.

“Dengan adanya kuliah umum lintas fakultas ini, kami berharap mahasiswa kita dapat mengetahui bagaimana berwirausaha dan tidak hanya berharap untuk jadi pegawai, tapi bisa menjadi pengusaha sehingga bisa membuka  lapangan kerja” papar Agusdin.

“Kami mengharapkan pula dalam acara yang menghadirkan orang-orang kompeten dibidangnya ini, dapat berbagi kiat-kiat dan berbagi pengalaman bagaimana sikap mental kewirausahaan. Semoga Acara ini berkah dan bisa meningkatkan kualitas hidup kita” tambah Agusdin.

Sementara itu, materi kuliah umum pertama disampaikan oleh Khairul Mahfudz yang mengangkat tema “Menyatukan Ilmu, Logika dan Spiritual”.

Sedangkan Sandiaga Uno di dapuk sebagai pembicara kunci dalam kuliah umum ini menyampaikan rasa bahagianya bisa kembali menyapa Lombok dan menjadi pembicara di Unram.

Ia mengatakan bahwa salah satu tantangan bangsa Indonesia adalah sulitnya lapangan kerja. “Padahal Allah SWT telah menganugerahkan negeri kita ini sumber daya alam yang sangat banyak. Allah SWT telah menganugerahkan kita alam yang kaya. Oleh karena itu kita perlu perbaiki pola fikir kita, bukan untuk mencari lapangan kerja, tapi membuka lapangan kerja” tegas Sandiaga Uno.

“Menjadi wirausaha sukses kita harus bersama-sama, harus bersilaturrahmi. Kita bisa meraih sukses dengan bersilaturrahmi” tambah Sandi.

“Ada dua “S” yang kita butuhkan untuk sukses berwirausaha. Saat kita berwirausaha kemudian posisi kita ada sedang berada di atas maka yang perlu kita ingat adalah “Syukur”. Dan jika kita kembali ke bawah atau saat usaha kita diuji maka yang perlu kita ingat adalah “Sabar.” Jelas Sandi hening.

Acara kuliah umum di gedung dome dihadiri lebih dari 700 orang peserta, dari unsur dosen, mahasiswa dan pegawai. Setelah memberikan kuliah umum Sandiga Uno dijadwalkan menjadi pembicara dalam kegiatan pelatihan sosialisasi UMKM.