Seminar K3 untuk Mewujudkan Zero Accident bersama PLN dan Disnakertrans

Published On: February 17th, 2022Categories: Berita, Seputar KampusBy 1.6 min read

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB menggelar acara Seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2022 dengan tema “Penguatan Budaya K3 pada Setiap Proses Bisnis Kelistrikan untuk Mewujudkan Zero Accident di Era Digitalisasi” di gedung Dome Unram, Rabu (9/2) Pagi.

Dalam acara tersebut hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani M.Si., Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP), dosen dan 200 orang mahasiswa sebagai peserta yang berasal dari 9 Fakultas dan 3 Progran Studi di lingkup universitas Mataram. Hadir pula Zaky Adikta ST., MM., selaku SRM Perencanaan PLN UIP Nusa Tenggara.

Dalam sesi diskusi panel, seminar ini menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber yang terdiri dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi,S.sos., MH., Dosen Teknik Sipil Universitas Mataram Agustono Setiawan, ST.,M.Sc., dan Pejabat Pengendali Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) PLN UIP Nusa Tenggara Bobby Robson Sitorus ST., MKKK.

Senior Manager (SRM) Perencanaan PLN UIP Nusa Tenggara Zaky Adikta ST., MM., menyampaikan sambutan menceritakan beberapa kegiatan PLN UIP Nusa Tenggara yang bersifat preventif dan promotif dan telah dilakukan untuk memperingati Bulan K3 Nasional.

“Kami PLN tentu sangat bahagia bertemu dengan adik-adik semua yang semangat dan bapak/ibu sivitas akademika Universitas Mataram. Kami akan menyampaikan sosialisasi dan materi Keselamatan Ketenagakerjaan di Bidang Ketenagalistrikan yang telah kami terapkan di setiap aktivitas pembangunan fasilitas pembangkit trasmisi dan gardu induk. Ilmunya ilmu umum, jadi bisa kita pahami bersama”. Tegas Zaki Adikta.

Ia juga menuturkan bahwa PLN terus berinovasi dalam system penyaluran tenaga listrik yang sudah memasuki ere digitalisasi dan otomasi di zaman digital yang semakin canggih, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Sehingga interaksi manual antara peralatan-peralatan tenaga listrik kini semakin berkurang untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja. Dalam akhir sambutannya, beliau juga mengajak seluruh peserta seminar K3 untuk mensukseskan Bulan K3 Nasional 2022.

Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram yang membuka acara menyampaikan terimakasih kepada pihak PLN UIP Nusra yang telah membawa ilmunya masuk universitas Mataram. Ia juga menyampaikan bahwa Universitas Mataram menyambut baik penyelenggaraan seminar K3 dan mengajak agar isu perlindungan kerja ini tidak terkesampingkan di tengah perubahan dunia industry di Era digitalisasi.

“Saya berharap dengan diselenggaranya seminar ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi anak-anakku semua. Tetap semangat, ikuti kegiatan ini sebaik mungkin, berpartisipasi aktif sehingga dapat mudah memahaminya, dan suatu saat dapat mangaplikasikan ilmu ini secara optimal” kata Prof. Enny di akhir sambutannya.

Berita Lainnya