TGB : Pilar Peradaban Islam adalah Ilmu

Categories: Seputar Kampus392 words1.5 min read

Mataram, Universitas Mataram – Tokoh Nasional Dr. H. Muhammad Zainul Majdi, Lc., MA menyatakan bahwa pilar peradaban islam adalah ilmu. Hal ini disampaikannya dalam ceramah di rangkaian acara Festival Ramadhan yang diprakarsai Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mataram (BEM Unram)  bertempat di Masjid Babul Hikmah Unram, Sabtu (24/4) lalu.

“Semua artefak peradaban islam menunjukkan pilar dari kemajuan peradaban Islam di masa yang berbeda-beda itu adalah penguasaan ilmu pengetahuan,” jelas Mantan Gubernur NTB yang kerap disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini.

Hal ini, paparnya, karena perkembangan sejarah peradaban Islam yang terbentang dari Madinah, Damaskus, Baghdad, Kufah hingga Andalusia bergantung pada penguasaan ilmu. Sehingga yang muncul di ruang publik saat itu adalah para cendekiawan dan para ilmuwan. Sehingga masyarakat  pada saat itu mencintai ilmu dan menjadi ahli ilmu.

Ia pun mengutip sabda Nabi Muhammad Saw yang mengatakan bahwa orang yang paling layak untuk dihormati adalah orang yang menuntut dan mencintai ilmu. Dia juga membandingkan dengan kondisi masyarakat saat ini, lebih-lebih mahasiswa yang lebih menjadikan selebgram maupun artis sebagai idola.

“Ada gak Anda itu mem-follow para ahli ilmu di media sosial ?,” ujarnya retoris.

Sehingga dia menekankan, mahasiswa sebagai penuntut ilmu agar menjadi ahli ilmu, harus memuliakan dan mencintai ahli ilmu.

“Untuk itulah adik-adikku, mulai sekarang belajarlah menapaki perjalanan keilmuan dan kontribusi anda untuk ummat dan untuk bangsa dengan mencintai dan mengapresiasi diri Anda sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu Rektor Unram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum mengapresiasi kegiatan Festival Ramadhan yang digelar oleh BEM. Ia mengatakan kegiatan ini bisa berkontribusi untuk mensyiarkan Islam dan memakmurkan masjid.

“Kegiatan-kegiatan keagamaan dalam rangka melakukan syiar Islam dan memakmurkan masjid di Universitas Mataram terus menerus kita lakukan.,” tutur orang nomor satu di Unram ini.

Baca Juga : Unram Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Babul Hikmah

Dijelaskan selain menggelar kegiatan festival seperti ini, Unram juga telah menggelar kegiatan kajian-kajian. Di antaranya adalah kajian setelah Salat Zuhur, selepas Magrib sampai salat Isya, dan setiap malam Jumat. Ia berharap, pandemi segera berlalu agar kegiatan keagamaan bisa semakin marak digelar sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Semua itu kita lakukan dalam rangka terwujudnya insan cendekia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, selain tentu juga dengan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, berjiwa kreatif, inovatif dan berdaya saing,” sebutnya.

Prof. Husni pun berharap kehadiran TGB sebagai tokoh nasional inspiratif dalam acara ini bisa memberikan dorongan moril bagi mahasiswa Unram sehingga bisa mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

AUTHOR

Ardi

TANGGAL

May 3, 2021

KATEGORI
BAGIKAN

Berita Lainnya