Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Mataram) tak pernah kekurangan mahasiswa berprestasi. Tak terhitung sudah jumlah mahasiswa Unram yang menorehkan prestasi di berbagai kategori. Baik diajang akademis, seni, budaya hingga olah raga. Baik ditingkat regional, nasional hingga internasional.

Baru-baru ini prestasi kembali diraih oleh mahasiswa Unram. Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Unram berhasil menyabet runner up (juara II) dalam ajang Muslim Hack Festival 2021, Minggu (31/1) lalu.

Meski terbilang prodi yang masih muda, PSTI Unram yang berdiri tahun 2012 itu hampir selalu memboyong juara tiap tahunnya diberbagai ajang perlombaan dan berhasil mengharumkan nama almamater dikancah nasional hingga internasional. Maka tak heran, prodi ini termasuk salah satu dari lima prodi terlaris dan terketat persaingannya di Unram.

Muhammad Khaidar Rahman yang tergabung dalam Tim PSTI Unram bersama empat anggota lainnya yakni Muhammad Rizqi Aditia, Lalu Habib Satya Wiguna, Husnul Khotimah dan Anisah Muthmainah, berhasil mengembangkan suatu aplikasi berbasis website untuk membantu dan memudahkan umat islam dalam menguji hafalan Al-Qur’an.

“Aplikasi yang kami kembangin bersama tim ini namanya The Hafiz, alamat websitenya : thehafiz.my.id ” tutur Muhammad Khaidar Rahman selaku ketua tim saat dihubungi Humas Unram, Selasa (2/2).

Dia mengaku, ide pengembangan aplikasi ini tercetus mengingat kurangnya sarana untuk menghafal Qur’an, guru hafalan Qur’an yang tidak bisa ditemui setiap saat dan masih sedikitnya lembaga yang berfokus pada hal ini.

“Kebetulan anggota tim kami juga ada yang hafiz (penghafal, red.) Qur’an, sehingga kami berharap aplikasi ini bisa jadi solusi,” ungkapnya.

Selain memudahkan dalam melakukan uji hafalan dimana saja dan kapan saja, dia menyebutkan aplikasi The Hafiz juga dilengkapi dengan fitur pilihan metode uji hafalan baik dengan suara maupun dengan tulisan.

“Melalui aplikasi ini kita juga bisa melakukan evaluasi, karena hasil dari ujian serta detail ayat akan ditampilkan setelah uji hafalan selesai,” jelasnya.

Baca Juga : Tim PSTI FT Unram Boyong 9 Medali diajang Arubalympics 2020

Mahasiswa yang akrab disapa Khaidar itu lebih jauh menjelaskan, aplikasi The Hafiz juga dilengkapi dengan fitur muratal Qur’an yang bisa dipilih perayat atau perhalaman. Selain itu, pembaca juga bisa mendapatkan motivasi penyejuk hati jika merasa bosan melalui fitur moodbostering dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat melalui fitur upgrade wawasan.

“Bukan itu aja, jika ingin berdiskusi, kami juga sudah menyediakan forum diskusi untuk berinteraksi dengan teman-teman muslim lainnya, melalui menu moodbostering,” bebernya.

Berkat kerja keras dan kreatifitasnya, Tim PSTI Unram ini berhasil menyisihkan 28 tim lainnya dari seluruh Indonesia. Khaidar pun mengatakan aplikasi The Hafiz ini akan terus dikembangkan kedepan.

“Semoga aplikasi The Hafiz bisa dikenal luas oleh umat islam, karena aplikasi ini tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Sang Pemilik Hati,” ujarnya.

Tak lupa pula, dia mendorong mahasiswa lain agar tidak ragu dan tidak takut dalam menyampaikan ide-ide mereka. Karena menurutnya, saat ini dibutuhkan orang-orang kreatif dengan ide-ide yang solutif.