Mataram, Universitas Mataram – Tim Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Universitas Mataram (PIMNAS Unram) berhasil meraih juara Favorit kategori Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) diajang PIMNAS Ke-33 Tahun 2020 yang digelar secara daring, Selasa hingga Minggu (24-29/11) lalu.

Tim PIMNAS Unram yang sukses menyabet juara itu adalah Nurul Rizkiaeni G, Siti Handayani, Salma Ila Salsabila dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) program studi (Prodi) Akuntansi, dan Muhammad Nasir dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) prodi Pendidikan Kimia.

Alhamdulillah, kami bersyukur atas pencapaian ini,” ujar Nurul kepada Humas Unram, Senin (30/11).

Dia menjelaskan untuk dapat mengikuti kegiatan PIMNAS, mahasiswa harus mengirimkan karya berupa proposal pada kegiatan PKM yang selanjutnya akan diseleksi dan dipilih untuk diberikan pendanaan untuk melaksanakan program atau membuat produk yang diajukan.

“Setelah pendanaan, hasil kegiatan akan dievaluasi dan akan dipilih kembali untuk bisa mengikuti PIMNAS,” jelasnya.

Ketua tim PIMNAS PKMK Unram itu mengaku karena pandemi, maka proses seleksi karya dilakukan secara online. Dia lebih jauh membeberkan timnya telah mengirim proposal sekitar bulan Desember 2019 lalu.

“Terus karena ada Covid pendanaannya baru pada agustus 2020, setelah itu PIMNASnya kemarin tanggal 24 – 29 November 2020,” bebernya.

PKMK yang digarap Nurul bersama timnya dengan judul “Pakaian Muslim Berbalut Tenun Kombinasi Serat Ketak dan Mutiara Lombok Dalam Trend Fashion Muslim untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif”  itu pun sukses memikat hati dewan juri dan menetapkan mereka sebagai juara favorit.

“Penghargaan juara favorit ini didasarkan atas pilihan juri terhadap karya yang paling menarik,” ungkapnya.

Dia mengatakan segala usaha dan proses maksimal yang telah dilaluinya bersama tim, telah membuahkan hasil yang terbaik. Sehingga dia berpesan kepada seluruh mahasiswa agar jangan pernah menyerah dan agar melakukan usaha yang terbaik, sembari mengiringi dengan berdoa. Tak lupa pula dia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga berhasil membawa pulang juara dan membawa nama harum almamater di tingkat nasional.

Baca Juga : Kontingen Unram Sabet Dua Juara di Ajang PIMNAS Ke-32

Insyaa Allah kita bisa ! Saya berharap akan lebih banyak lagi tim Unram yang lolos ke PIMNAS. Semangat ! Siapkan karya terbaik teman – teman untuk PIMNAS 34 !,” serunya.

Sementara itu, Drs. Jeckson Siahaan, M.Pd mengaku telah menyiapkan tim Unram sebaik mungkin untuk menyongsong kompetisi ilmiah tingkat nasional itu. Dosen pembimbing tim PIMNAS Unram itu melatih Nurul dan timnya agar dapat berkomunikasi secara rileks, terarah dan runut. Dia pun membeberkan bahwa ide yang diangkat dalam proposal adalah ide dari Nurul dan rekan timnya. Bahkan lebih jauh dia mengaku, Nurul dan timnya secara mendasar sudah memiliki potensi yang baik dan progressif, sehingga memudahkan pada saat proses pembimbingan.

“Saya membaca ulang proposalnya sebelum dikirim, dan saya hanya memoles sedikit-sedikit saja, karena memang mahasiswanya sudah bagus,” katanya.