Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum secara simbolis membuka acara Dies Natalis Pascasarjana Unram yang ke-15 tahun dengan melakukan pemotogan tumpeng di halaman depan gedung  Pascasarjana Unram, Kamis (24/9) pagi.

Prof. Husni memberikan apresiasinya kepada Pascasarjana Unram beserta jajaran atas kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam usia yang bisa dikatakan masih remaja. Dia juga mendorong agar kedepan Pascasarjana bisa menghadirkan berbagai Program Studi (Prodi) menarik dan vital yang dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

“Beberapa Prodi itu memang sangat dibutuhkan oleh Pemda seperti Kependudukan, Kebencanaan, S3 Pendidikan IPA, Pertanian, Ekonomi dan Peternakan,” sebut Guru Besar Ilmu Hukum itu.

Selain itu, Prof. Husni berharap Pascarjana Unram menjadi yang terdepan dalam menghasilkan publikasi internasional. Dia merekomendasikan agar Pascasarjana bisa membentuk tim untuk membantu percepatan jurnal-jurnal mahasiswa.

Agustono Setiawan, ST., M.Sc selaku Ketua Panitia mengatakan, tema yang diangkat dalam Dies Natalis Pascasarjana Unram adalah “Membangun Optimisme Ekonomi Lokal di Era New Normal”. Kegiatan itu menjadi pembukaan dari rangkaian acara Dies Natalis Unram ke-58 dengan tema “Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dalam Rangka Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi”, yang acara puncaknya akan digelar pada 2 Oktober mendatang.

“Selain itu, tujuan dari Dies tentu untuk meninngkatkan semangat, meningkatkan motivasi dan optimisme seluruh civitas akademika Pascasarjana Universitas Mataram untuk terus berkarya, berusaha dalam rangka mencapai visi Univeristas Mataram dan juga tentu demi tercapainya kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka,” bebernya.

Sementara itu Direktur Pascasarjana Unram Prof. Ir. Muhammad Sarjan, M.Ag.C.P., Ph.D mengatakan selama 15 tahun usianya, Pascasarjana sudah memberikan kontribusi yang signifikan untuk mendukung kemajuan dan pengembangan Unram. Baik pada aspek penelitian, pengabdian dan publikasi yang melingkupi Tri Darma Perguruan Tinggi, ujarnya.

“Mudah – mudahan kedepan Pascasarjana bisa mendongkrak akreditasi Universitas Mataram,” serunya.

Dia menguraikan acara Dies Natalis Pascasarjana dirangkai dengan kegiatan Seminar Bisnis yang melibatkan akademisi dan praktisi, sehingga diharapkan bisa memberi solusi bagi pengembangan ekonomi lokal ditengah pandemi. Selain itu pula digelar acara pameran tanaman hias dan inkubator bisnis yang mewadahi hasil penelitian para peneliti Unram.

Prof. Sarjan juga menjelaskan, bahwa saat ini Pascasarjana sedang mengupayakan pembentukan beberapa Prodi menarik yang bisa membantu pengembangan daerah. Beberapa Prodi tersebut diantaranya Prodi Magister Kajian Wanita dan Anak, serta Prodi Kebencanaan dan Perubahan Iklim.

“Saya yakin Pascarjana bisa menjadi etalase Universitas Mataram, karena ini adalah tempat berkumpulnya orang-orang hebat, sehingga dengan bertambahnya jumlah Prodi nanti bisa menambah aktivitas akademis dari para Professor dan Doktor di Universitas Mataram untuk membantu meningkatkan kualitas SDM daerah,” tandasnya.