Mataram, Universitas Mataram – Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Mataram (BUK Unram) Drs. Swastahadi di dampingi oleh Kepala Bagian UHTLHM Abbas, S.Pd., Kepala Sub Bagian HTLHM Muhammad Ribhan, SH serta staff kehumasan Unram menerima kunjungan dari tim PIDK Universitas Brawijaya (UB) di ruang Sidang Rektor, Kamis (12/3) siang.

Ketua Pusat Informasi, Dokumentasi dan Keluhan (PIDK) UB Zulfaidah Penata Gama, S.Si., M.Si., Ph.D. menyatakan bahwa kunjungan kerja tersebut adalah untuk melaksanakan tugas dan fungsi PIDK terkait dengan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. PIDK merupakan pelaksana pembantu dari PPID UB.

“PPID UB saat ini sudah masuk dalam kategori Informatif dan menerima penghargaan dari Wakil Presiden atas keberhasilan UB dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Keterbukaan Informasi pada Badan Publik tahun 2019 lalu” jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa pelayanan PIDK tidak hanya melalui laman resmi PPID UB, namun sudah berinovasi melaui program mobile android yang dinama E-Complaint serta dengan bentuk fisik berupa Ruang Pusat Informasi Terpadu (Ruang Pinter) yang beradi di lantai 1 Gedung kantor pusat UB.

“Melalui E-Complaint, siapapun di Universitas bisa memberikan keluhannya dengan membuka aplikasi itu kemudian menyampaikan informasinya disana” urainya.

Dosen Biologi bidang Entomologi dan Pengendalian Hayati UB itu mengatakan, aplikasi E-Complaint menjadi ciri khas PPID UB dan PPID UB sendiri tidak hanya berhubungan dengan publik secara umum namun juga dengan seluruh stakeholder yang terkait dengan universitas, fakultas dan lembaga di lingkungan UB.

“Ini mungkin nanti (pelatihan pembuatan E-Complaint untuk Unram, red.) bisa kita jadikan suatu tindak lanjut untuk MoU yang sudah terbentuk dengan membuat PKS atau MoA” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya UB dan Unram pernah membuat kesepakatan untuk bersinergi dalam penguatan pelayanan informasi publik ketika Rektor Unram saat itu Prof. Ir. Sunarpi, Ph.D masih menjabat.

“Kami sudah membuat draftnya, tapi mungkin nanti perlu diskusi karena lebih kearah teknis nya apa saja yang akan kita kerjakan secara bersama-sama dalam kurun waktu satu tahun kedepan” imbuh Zulfaidah.

Menyambut baik tawaran kerjasama dari Ketua PIDK UB, Kepala BUK Unram mengatakan bahwa tawaran tersebut akan dia sampaikan kepada pimpinan Universitas untuk ditindak lanjuti.

“Kami memang berencana ke UB (studi banding, red.) untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik kami” tuturnya.

“Kami sangat bersyukur Ibu memberikan gambaran bagaimana mengoptimalkan pelayanan publik dan atas tawaran tadi, Insyaa Allah akan segera kami laporkan kepada pimpinan untuk ditindak lanjuti” pungkasnya.