Universitas Mataram Masuk Dalam 50 Lembaga Ilmiah Paling Produktif Dalam Publikasi Ilmiah Terindek Scopus 2016

Home/Berita/Universitas Mataram Masuk Dalam 50 Lembaga Ilmiah Paling Produktif Dalam Publikasi Ilmiah Terindek Scopus 2016

Universitas Mataram Masuk Dalam 50 Lembaga Ilmiah Paling Produktif Dalam Publikasi Ilmiah Terindek Scopus 2016

Universitas Mataram (UNRAM) Mataram, Nusa Tenggara Barat(NTB)  kembali menorehkan prestasi akademik yang tinggi dalam publikasi ilmiah internasional. Kali ini kampus hijau (Green Campus) Universitas Mataram yang terletak di jantung Kota Mataram Lombok tersebut berhasil mencatatkan diri sebagai 50 besar Lembaga Ilmiah paling produktif  dalam publikasi ilmiah terindeks Scopus di Indonesia. Civitas akademika Unram harus berbangga, kerja keras yang dibangun oleh Pimpinan Universitas/Rektor dan jajarannya serta civitas akademis Unram membuahkan hasil. Ini adalah perjuangan panjang yang harus terus diupayakan untuk meraih rangking yang lebih baik lagi di masa masa mendatang. Jika academic atmosphere seperti ini  terus ditingkatkan maka Uram dapat menjadi PTN Unggul dari Wilayah Indonesia Bagian Timur Indonesia demikian ungkap Rektor Unram Prof Sunarpi Ph.D.

Seperti yang dilansir dari buku Kekuatan 50 Institusi Ilmiah Produktif Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) RI, Sabtu (17/12/2016), Universitas Mataram berada di peringkat ke-42. Jumlah  publikasi ilmiah terindek  di Scopus terus mengalami kenaikan yang sangat tajam sejak tahun 2011.Total publikasi hingga 4 Juni 2016 adalah 135 dokumen.Walaupun jumlah publikasi mengalami penurutan tahun 2014, rata rata peningkatan publiksi 5 tahun terakhir Unram naik sebesar 24,55%.

Sebanyak 80,744% publikasi Universitas Mataram merupakan artikel jurnal ilmiah, sedangkan publikasi dalam bentuk makalah prosiding seminar sebanyak 9,63%.

Tren riset Universitas Mataram terlihat dari subjek bidang ilmu publikasinya adalah pertanian dan biologi, teknik, ilmu lingkungan,  ilmu sosial serta imunobiologi dan mikrobiologi. Penulis internasional yang berafiliasi dengan Universitas Mataram di Scopus berjumlah 92 orang.

Universitas Mataram banyak berkolaborasi dengan lembaga di dalam dan luar negeri antara lain yang paling banyak adalah dengan University of Quendsland Australia, Jichi Medical University, Jepang. Negara yang paling banyak berkolaborasi dengan UNRAM adalah Australia, Jepang dan Inggris. Scopus adalah sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini.

Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai metadata masing-masing artikel ilmiah secara individual, termasuk di dalamnya data publikasi, abstrak, referensi, dan lain-lain.

 

By | 2017-05-03T07:08:16+00:00 December 20th, 2016|Berita|0 Comments

About the Author: