Unram akan Terapkan Satu Dosen, Satu Publikasi Setiap Tahun

Published On: June 10th, 2022Categories: Berita, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian, Seputar KampusBy 1.6 min read

Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D membuka acara penandatanganan kontrak penelitian dan pengabdian PNBP dan kompetitif nasional tahun anggaran 2022 bagi dosen Unram di Gedung Dome Unram, Selasa (7/6).

Acara penandatanganan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unram ini dihadiri oleh seluruh dosen yang mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian PNBP dan kompetitif nasional tahun 2022.

Muhammad Ali, Ph.D., ketua LPPM Unram memulai sambutannya dengan melaporkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Unram pada tahun 2021. Ia menyampaikan bahwa jika dilihat dari jumlah publikasi internasional dan jumlah situasi karya ilmiahnya, Unram mengalami peningkatan yang signifikan.

Selain itu, ia juga menyampaikan produktifitas fakultas di Unram terhadap IKU 5 (karya dosen yang direkognisi secara internasional), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) mencapai poin tertinggi, diikuti oleh Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (Fatepa) dan Fakultas Kedokteran.

“Saat ini kita telah melakukan berbagai upaya akselerasi gapaian IKU untuk tahun 2022,” kata Ali.

Ia juga menginformasikan bahwa pada bulan April lalu rengking Unram di Scimago Institution Rankings menduduki posisi ke 15. Hal ini merupakan peningkatan yang cukup tinggi namun harus tetap ditingkatkan, baik dengan peningkatan publikasi Scopus maupun jurnal yang terakreditasi.

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita patut berbangga bahwa Unram masih berada dalam kloster mandiri dari sekian ratus perguruan tinggi di Indonesia.

“Hari demi hari perkembangan Unram semakin baik, ” kata Prof. Bambang

Pada kesempatan ini Rektor Unram juga menyampaikan rencana kebijakan yang ingin dikeluarkan yaitu kebijakan “one lecture, one publication, one year”. Kebijakan ini rencananya akan dikeluarkan ketika Unram telah berlangganan jurnal internasional dimana satu dosen minimal menghasilkan satu publikasi dalam satu tahun dengan kualitas publikasi dan luarannya yang memadai.

Rektor Unram juga menghimbau kepada para dosen untuk lebih mengingkatkan minat baca terhadap jurnal internasional. Ia juga mengarahkan untuk selalu mengupdate jurnal-jurnal terbaru.

“Apabila Unram sudah berlangganan Jurnal International, maka seluruh proposal yang tidak mengutip jurnal internasional terbaru tidak akan diloloskan,” ucap Rektor Unram sembari memberikan arahan kepada Ketua LPPM.

Prof. Bambang juga menyampaikan bahwa kedepannyamahasiswa juga akan memiliki pedoman yang mengatur jumlah ilmiah internasional yang di gunakan. Kebijakan ini tentu akan dikeluarkan jika Unram telah berlangganan jurnal internasional dan memberikan akses dan fasilitas tersebut kepada dosen dan mahasiswa.

“Semoga apa yang kita upayakan saat ini, akan berkontribusi untuk membuat Unram semakin jaya” tegas rektor Unram.

Pada akhir acara seluruh peneliti yang hadir akhirnya menandatangani kontrak penelitian yang telah disiapkan oleh LPPM.

Berita Lainnya