Mataram, Universitas Mataram –  Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., MH membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dengan mendirikan Posko Satgas COVID-19 di Gedung Rektorat Lantai 1 sejak Senin (23/3) lalu.

“Pembentukan Satgas COVID-19 merupakan bentuk kesiapsiagaan Unram untuk membantu melindungi seluruh civitas akademika di lingkungan Unram serta meminimalkan gangguan terhadap kegiatan pengajaran dan pembelajaran” jelas Prof. Husni.

Prof. Husni menerangkan bahwa Unram sebagai bagian dari sistem kemasyarakatan di NTB turut bertanggung jawab dalam kesiapsiagaan menghadapi pandemi COVID-19.

Sementara itu, dr. E. Hagni Wardoyo, Sp.MK selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan Satgas dibentuk untuk memastikan Unram menjadi lingkungan yang aman dan sehat untuk belajar maupun bekerja bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.

“Satgas berperan dalam merancang, melaksanakan, memonitor serta melaporkan respon kesiapsiagaan menghadapi COVID-19 di lingkungan Universitas Mataram” jelasnya.

Lebih jauh dokter spesialis Mikrobiologi Klinik itu memaparkan tujuan khusus pembentukan Satgas sendiri adalah untuk melaksanakan pencegahan dan pengendalian infeksi dilingkungan Unram, melaksanakan komunikasi resiko terhadap civitas akademika Unram dalam kesiapsiagaan dan respon, serta membantu meningkatkan edukasi dan promosi tentang kesehatan kepada masyarakat NTB.

“Selain itu Satgas juga akan memantau perkembangan situasi epidemiologi COVID-19 di Indonesia pada umumnya dan di NTB pada khususnya dan memberikan rekomendasi kebijakan kepada pimpinan Unram terkait respon kesiapsiagaan terhadap pandemik COVID-19” urainya.

“Disamping itu juga, Satgas akan memberikan arahan dan saran pencegahan penularan COVID-19 bagi civitas Unram maupun masyarakat sekitar” tambahnya.

Dokter ahli bakteri dan virus itu menegaskan bahwa Satgas berfungsi sebagai agen perubahan perilaku pencegahan penularan COVID-19 pada civitas Unram dan sekitarnya.

“Satgas juga berfungsi sebagai agen percepatan implementasi kebijakan pencegahan penularan COVID-19 di Unram” tegasnya.

Dia juga mengajak civitas akademik Unram dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama melawan COVID-19 dengan menggalang donasi untuk membantu penanganan COVID-19 melalui Rekening Bank Mandiri (161-00-1288881-9) dan Bank BRI (0052-01-001163-56-7) a.n. Unram Peduli COVID 19.

“Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Satgas penanganan COVID-19 di Unram, bisa langsung mengakses laman http://covid19.unram.ac.id/ dan narahubung 085338243125” tandasnya.