Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M. Hum melantik Pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Gedung Auditorium M. Yusuf Abu Bakar, Senin (4/3). Dalam kesempatan tersebut Prof. Husni sekaligus mengukuhkan pembentukan UKM Pengawal Ideologi Bangsa (PIB).

Pembentukan UKM PIB di Unram merujuk pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram Dr. Muhammad Natsir, SH., M.Hum., menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan menteri tersebut Perguruan Tinggi dapat membentuk organisasi mahasiswa yang berkaitan dengan ideologi bangsa. Tujuannya, lanjutnya, untuk mewadahi sejumlah organisasi ekstra kampus yang selama ini dilarang berkegiatan di dalam kampus.

“UKM PIB berisi perwakilan dari masing-masing organisasi ekstra kampus. Masing-masing organisasi ekstra kampus satu perwakilan. Mereka bermusyawarah menetapkan pengurus UKM PIB. Hal ini sangat baik, sehingga ada kolaborasi mahasiswa ekstra kampus dengan intra kampus,” ungkap Dr. Natsir.

Pembentukan UKM PIB ini disambut baik oleh organisasi ekstra kampus seperti HMI, PMII, KAMMI, GMKI, HIMABUDI dan PMKRI. Dengan berlakunya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018, organisasi ekstra kampus dapat ikut terlibat dalam menjaga ideologi bangsa agar kampus dapat terbebas dari pengaruh radikalisme dan libralisme.

“Perpaduan mahasiswa intra dan ekstra akan membawa satu kreatifitas dan inovasi dalam membangun kakarakter bangsa untuk menuju mahasiswa yang mandiri sehingga terhindar dari pengaruh radikalisme,”harap Dr. Natsir. (Humas Unram/U24)