Unram-Brawijaya Bahas Kerjasama Dukung MBKM

Categories: Kerjasama271 words1.1 min read

Mataram, Universitas Mataram – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (Prodi Ikom Unram) menggelar acara Focuss Group Discussion (FGD) dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang untuk membahas kerjasama dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara daring melalui Zoom Meeting, Kamis (4/2) kemarin.

Kerjasama ini di inisiasi oleh UB sebagai respons terhadap adanya kebijakan MBKM yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unram Agusdin, SE., MBA., DBA dan Ketua Prodi Ikom Dr. Ir. Agus Purbathin Hadi, M.Si.  Sementara itu,  dari UB hadir Ketua Prodi Ikom UB Dr. Antoni, S.Sos., M.Si dan staf pengajar UB.

Kerjasama tersebut mencakup  pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi  yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta  bidang lainnya yang disepakati bersama.

Agus Purbathin Hadi mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara Unram dengan UB. Menurutnya, kerjasama ini penting dilakukan untuk menunjang realisasi kebijakan MBKM.

“Kerjasama ini juga mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang unggul,” sebutnya.

Baca Juga : Universitas Brawijaya Tawarkan Kerjasama Untuk Optimalkan PPID Unram

Lebih lanjut, pertemuan yang dilakukan secara virtual ini menghasilkan kesepakatan kerjasama berupa kegiatan joint class, join teaching dan join research. Kegiatan join class (bergabung dalam kelas) dilaksanakan melalui pertukaran mahasiswa antar universitas  sehingga mahasiswa dimungkinkan untuk mengambil mata kuliah yang sesuai dengan keilmuannya.

“Untuk kegiatan join research (bergabung dalam penelitian, red.), kerjasama antara dosen Unram dengan UB dilaksanakan berdasarkan pada kelompok bidang ilmu masing – masing dosen,” papar Agus.

Ketua Prodi Ikom Unram itu mengatakan dosen kedua universitas juga akan melakukan join teaching (bergabung dalam pengajaran). Dengan demikian, dosen Unram dapat mengampu mata kuliah tertentu di UB dan begitupun sebaliknya.

AUTHOR

admin

TANGGAL

February 5, 2021

KATEGORI
BAGIKAN

Berita Lainnya