Mataram, Universitas Mataram –Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Mataram (Unram) Tahun 2019 yang lulus melalui jalur SNMPTN dilaksanakan di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar, Rabu 10 Juli 2019.

Kegiatan PKKMB ini dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Unram mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro dan pejabat Struktural di Lingkungan Unram.

Satu persatu pimpinan Unram diperkenalkan kepada mahasiswa baru, dengan tujuan mahasiswa dapat mengenal dan lebih dekat dengan pimpinan-pimpinan di Unram terutama Rektor dan Dekan masing –masing fakultas.

“Sebanyak 923 mahasiswa baru mengikuti kegiatan tersebut, dengan rincian 257 orang dari FKIP, 141 orang dari Fakultas Ekonomi, 123 orang dari Fakultas Pertanian, 99 orang dari Fakultas Teknik, 74 orang dari Fakultas Hukum, 56 orang dari Fakultas MIPA, 49 orang dari Fakultas Peternakan, 33 orang dari FATEPA, 34 orang dari Fakultas Kedokteran, 21 orang dari Program Studi Hubungan Internasional, 18 orang dari Program Studi Ilmu Komunikasi dan 18 orang dari Program Studi Sosiologi.” Kata Dr. Muhammad Natsir, SH., M.Hum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram saat menyampaikan laporan di Auditorium.

Dengan diselenggarakannya acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) ini, mahasiswa baru Unram diharapkan mampu menjadi mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, cinta tanah air, disiplin serta taat hukum dalam diri mahasiswa. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengerti lingkungan barunya.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M,Hum saat membuka acara PKKMB berpesan kepada mahasiswa baru agar jangan terpengaruh dengan paham-paham radikalisme, ekstremisme  yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Jangan terpengaruh dengan paham-paham radikalisme, ekstremisme  yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Mahasiswa adalah kaum intelektual yang mempunyai pandangan yang kritis, rasional, logis sehingga mereka diharapkan menjadi agent of change (agen perubahan) untuk kebaikan bangsa.” tuturnya.

PKKMB jalur SNMPTN akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari hari Selasa, 9 Juli sampai dengan Kamis, 11 Juli 2019, kegiatan PKKMB ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain penyampaian materi tentang radikalisme, terorisme, dan komunisme oleh KABINDA NTB, Kamtibmas dan Narkoba dengan narasumber dari Polda NTB, selain itu materi tentang Ketahanan Nasional dan Bela Negara yang disampaikan oleh DANREM.