Mataram, Universitas Mataram – Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2019 diperingati  Universitas Mataram (Unram) dengan menggelar Upacara di Lapangan Rektorat Unram, Sabtu (1/6) pagi. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum. selaku pembina upacara membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Hariyono.

Dalam sambutannya tersebut, haryono mengatakan bahwa berkat pancasila sebagai bintang penuntun, keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bineka Tunggal Ika”.

Ia juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

Senada dengan hal itu, hariyono mengungkapkan bahwa dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai suatu bangsa.

“Selain itu, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” papar hariyono dalam sambutan yang dibacakan Prof. Husni.

Plt. Kepala BPIP itu juga mengajak semua elemen bangsa untuk bersatu membangun bangsa dan merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.