Mataram, Universitas Mataram – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 di Universitas Mataram (Unram) dilaksanakan dengan menggelar upacara di lapangan rektorat Unram, Kamis (2/5/2019).

Upacara peringatan Hardiknas diikuti oleh seluruh civitas akademika Unram dari unsur dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan. Rektor Unram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum. yang bertindak selaku Pembina Upacara membacakan sambutan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan tema SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter.

Dalam sambutan tersebut, Menristekdikti menekankan agar perguruan tinggi dapat berevolusi menyesuaikan diri dalam menghadapai kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Perguruan tinggi dituntut untuk melakukan upaya transformasi digital dalam penyelenggaraan kegiatan tridharma dan pengelolaan perguruan tinggi.

Selain itu perguruan tinggi dituntut memiliki strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi yaitu dengan mensinergikan dharma pendidikan-penelitian-pengabdian pada masyarakat yang didukung oleh efektivitas penta helix antara universitas, pemerintah, dan swasta/industri, serta masyarakat dan media terutama dalam pengembangan mutu mahasiswa dan lulusan, mutu SDM dosen dan tenaga kependidikan, networking, publikasi, hilirisasi hasil-hasil produk riset dan inovasi, didukung oleh pengelolaan universitas yang semakin baik, transparan dan akuntabel.