Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 di Lapangan Rektorat Unram , Sabtu (17/8/2019). Upacara dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia diikuti oleh seluruh civitas akademika Unram dari unsur dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.

Rektor Unram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum. yang bertindak selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti RI) dengan tema ”SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Tema ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan.

“Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0.,”kata Menristekdikti Mohammad Nasir dalam sabutan yang dibacakan Rektor Unram.

Dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi dituntut untuk tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang, yaitu dengan selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa.

Menristekdikti juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang dimiliki dan terlena dengan zona nyaman.

Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan.

“Oleh karena itu, Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas,”tegas Menristekdikti.

Upacara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru di Unram ini juga dirangkai dengan pembacaan deklarasi menolak berkembangnya paham dan aksi radikalisme, terorisme dan komunisme. Mahasiswa menyatakan siap berperan aktif dalam melawan dan memerangi paham radikalisme, terorisme dan komunisme.

Selain itu, mahasiswa juga bersepakat untuk mendukung upaya pemerintah melakukan pemberantasan radikalisme, terorisme, komunisme dan narkoba yang dianggap sebagai ancaman dan musuh bangsa Indonesia.

Usai menggelar upacara bendera, kegiatan dilanjutkan dengan pawai baju adat dan pemberian penghargaan Satyalancana Karya satya Tahun 2019 kepada 86 Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Unram.