Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) terus berkomitmen menjalankan amanat dari Kemendikbud. Salah satunya adalah amanat kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan satu tahun terakhir ini.

Salah satu langkah yang ditempuh Unram untuk mengimplementasikan kebijakan ini adalah memperluas jaringan kerja sama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), Lembaga Non Perguruan Tinggi, termasuk dengan Perguruan Tinggi.
Kerja sama kali ini dijalin Unram melalui penandatanganan MoU dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Siliwangi (Unsil), yang digelar secara virtual, Selasa (2/3) kemarin.

“Kerja sama antara Unram, Unnes dan Unsil akan difokuskan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) khususnya dalam bidang pendidikan seperti pertukaran mahasiswa baik mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah di Unram, Unnes maupun di Unsil,” jelas Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum.

Rektor Unram ini juga menjelaskan bahwa kerja sama akan berpusat pada bidang penelitian terutama joint riset dan publikasi jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional. Dijelaskan, Unram sudah memiliki 25 jurnal terindeks nasional, 2 buah jurnal SINTA-2, tujuh jurnal SINTA-3, dan 8 jurnal SINTA-4.

Baca Juga : Rektor Unram Tandatangani MoU dengan Direktur Eduprofs-Elsevier

“Unram terus berupaya agar jurnal SINTA-2 menjadi SINTA-1 yang terindeks internasional bereputasi,” sebutnya.

Prof. Husni mengaku sangat berharap kerja sama ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya khususnya bagi Unram dan Unsil, agar dapat mengikuti jejak Unnes yang telah banyak menelurkan publikasi jurnal internasional bereputasi.