Home>Berita, Pendidikan, Seputar Kampus>Unram Petakan Kemampuan Bahasa Inggris MABA Sejak Awal Masuk Kuliah

Unram Petakan Kemampuan Bahasa Inggris MABA Sejak Awal Masuk Kuliah

Published On: July 25th, 2022By Tags:

Mataram, Universitas Mataram – Pada tahun 2022 ini Universitas Mataram (Unram) telah menerima 7.552 orang mahasiswa baru (MABA) melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri. Dari jumlah mahasiswa baru tersebut UPT. Pusat Bahasa Universitas Mataram (Pubah Unram) akan melakukan tes profisiensi (kemampuan-red) Bahasa Inggris menggunakan TOEFL Prediksi.

Kepala UPT Pusat Bahasa Unram, Drs. I Made Sujana, MA menjelaskan jika hasil tes ini tidak berkaitan dengan kelulusan sebagai mahasiswa baru, tetapi untuk memetakan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa baru.

“Hasil pemetaan ini akan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti melakukan rekonstruksi mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan Unram, penyediaan sumber bahan belajar untuk mengakselerasi penguasaan Bahasa Inggris, pemberian reward (penghargaan-red) dalam program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), dan pemanfaatan lainnya oleh masing-masing fakultas atau program studi,”papar Made Sujana.

Kepala Pubah Unram berharap kegiatan tes kemampuan bahasa inggris untuk mahasiswa baru ini membawa dampak terhadap pembelajaran Bahasa Inggris pada jenjang sebelumnya (beneficial washback effect). Sehingga mahasiswa lebih siap dalam hal penguasaan Bahasa Inggris untuk berbagai kepentingan seperti mengakses informasi, mengikuti berbagai kegiatan (lomba), mempersiapkan syarat kelulusan, menghadapi persaingan kerja dan studi lanjut.

Tes kemampuan bahasa inggris untuk mahasiswa baru dilaksanakan dalam 3 gelombang sesuai dengan jalur masuk perguruan tinggi, yaitu melalui jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur Mandiri. Tes dilakukan bersamaan dengan masa pendaftaran ulang masing-masing jalur, kecuali untuk jalur Mandiri akan dilakukan setelah pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Berita Lainnya

Pengumuman

Agenda