Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum menandatangani kerja sama dalam bidang lingkungan dengan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (PT. AMNT) dan Nexus Foundation di Hotel Santika Mataram, Kamis (23/5).

Dalam penandatangan kerja sama tersebut PT. AMNT diwakili oleh Rachmat Makkasau selaku Presiden Direktur PT. AMNT, dari Nexus Foundation diwakili oleh Yuyun Ismawati selaku Wakil Ketua Nexus Foundation, sementara itu Unram diwakili oleh Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum  selaku Rektor Unram.

Kerja sama tersebut di tanda tangani oleh ketiga belah pihak dihadapan para awak media yang juga diundang dalam rangka menjalin silaturrahmi dan berbuka puasa bersama.

PT. AMNT atau yang lebih dikenal dengan Amman Mineral sebelumnya adalah PT Newmont Nusa Teggara Barat yang merupakan perusahaan tambang Indonesia yang mengoperasikan tambang Batu Hijau. Tambang Batu Hijau adalah tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia dan merupakan aset berkelas dunia.

Sedangkan Nexus Foundation yang dulu dikenal dengan Bali Fokus merupakan organisasi non-pemerintah yang bekerja untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, kualitas hidup dan mengadvokasi lingkungan bebas racun bersama dengan semua pemangku kepentingan secara berkelanjutan.

Prof. Husni dalam sambutannya menyambut baik dan merasa bersyukur dapat dilibatkan sebagai salah satu pihak dalam kerja sama di bidang lingkungan tersebut.

“banyaknya masyarakat yang melakukan penambangan secara ilegal dengan menggunakan zat kimia berbahaya seperti mercury. Mercury yang digunakan tidak sesuai dengan standar akan berdampak negatif bagi kesehatan. Karena itulah berkat kepedulian Amman Mineral dan Nexus Foundation bekerjasama dengan Unram, sangat kami sambut baik,” jelas Prof. Husni.

“Unram sebagai perguruan tinggi negeri di NTB selain melaksanakan kegiatan dalam bidang pengajaran dan penelitian, Unram juga siap memberikan penyadaran masyarakat melalui pengabdian masyarakat guna menanggulangi dampak negatif dari limbah mercury,”tandasnya.

Anita head comunication amman mineral berharap dengan acara silaturrahmi antara aman dan lain-lain dapat mempererat kerjasama yang baik.

Senada dengan hal di atas, Yuyun Ismawati dari Nexus Foundation juga menyambut baik kerja sama yang dilakukan ketiga belah pihak.

“Saya sangat menghargai upaya kerja sama ketiga belah pihak, hal ini merupakan langkah yang baik antara perguruan tinggi, nexus dan Amman Mineral yang merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia,” ungkap Yuyun saat menyampaikan sambutan.

Rachmat Makkasau berharap kerja sama yang dilakukan antara Unram, Amman Mineral dan Nexus bisa memanfaatkan keahlian masing-masing sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang baik untuk NTB, terutama penanganan masalah lingkungan, sosial dan ekonomi di daerah-daerah yang terdampak dari aktivitas penambangan emas sekala kecil ilegal.