Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) menggelar acara Workshop Optimalisasi Pengelolaan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) dan Penomoran Ijazah Nasional di hotel Jayakarta, Jumat (22/11) lalu.

Wakil Rektor bidang Akademik Agusdin, SE., MBA. DBA menyatakan bahwa acara tersebut digelar sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk mencari solusi terkait dengan PDDIKTI.

“Dengan memahami dan menyadari permasalahan itu karena ada narasumber yang hadir disini, saya berharap kita dapat menemukan solusi terkait dengan PDDIKTI” tuturnya.

Agusdin menjelaskan bahwa saat ini Unram memiliki dosen sebanyak 1.117 orang dengan Program Doktoral 1 Prodi, Program Pascasarjana 13 Prodi, Program Sarjana 36 Prodi, Program Vokasi 5 Prodi dan 2 Program Profesi dengan total mahasiswa 32.439 mahasiswa.

Perkembangan Raport Unram berdasarkan PDDIKTI sampai saat ini memperoleh 88,21 % dan masuk dalam kategori baik dengan indikator pelaporan data mahasiswa di PDDIKTI semester genap tahun akademik 2018/2019 mencapai 99,83%, sementara pada semester gasal 2018/2019 sebelumnya mencapai 99, 56% sehingga terjadi peningkatan sebanyak 0,27%.

PDDIKTI merupakan hal yang sangat strategis dan harus dilaksanakan secara berkesinambungan serta harus ditingkatkan setiap saat.

Setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan PDDIKTI merupakan hal yang sangat strategis dan erat kaitannya dengan kinerja suatu perguruan tinggi. Yang pertama, PDDIKTI terkait dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal. Kedua, PDDIKTI terkait dengan pemeringkatan perguruan tinggi. Ketiga, PDDIKTI terkait dengan akreditasi, peluang riset dan hibah penelitian masyarakat. Keempat, PDDIKTI terkait dengan legalitas atau status lulusan suatu perguruan tinggi.

“Sehingga ini harus menjadi perhatian kita bersama, karena kita telah diberikan tanggung jawab untuk mengurus masalah ini” pungkasnya.