Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) mewisuda 1.195 lulusan Doktor, Magister, Profesi Dokter, Sarjana dan Diploma yang terdiri dari, 1 orang Doktor (S3), 82 orang Magister (S2), 1.063 orang Sarjana Strata 1 (S1) dan 49 Ahli Madya di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Universitas Mataram, Kamis (28/3).

Dari 1.195 lulusan yang wisuda, sebanyak 236 orang merupakan mahasiswa FKIP, 166 orang dari Fakultas Teknik, 167 orang dari Fakultas Pertanian, 195 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 41 orang dari Fakultas Teknologi Pertanian, 56 orang dari Fakultas Peternakan, 28 orang dari Fakultas MIPA, 105 orang dari Fakultas Hukum, 102 orang dari Fakultas Kedokteran, 4 orang dari Prodi Hubungan Internasional, 6 orang dari Prodi Ilmu Komunikasi, dan 3 orang dari Prodi Sosiologi.

Rektor Unram, Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., saat menyampaikan sambutan berpesan kepada wisudawan/wisudawati agar dapat mengimplementasikan dan mengamalkan ilmu dan kompetensi yang dimiliki dalam profesi masing-masing secara profesional dan penuh tanggungjawab.

“Saudara-saudara adalah kebanggaan almamater UNRAM. Saudara sebagai alumnus UNRAM harus menjadi agen perubahan dengan bekerja keras, tulus dan ikhlas dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran,” tegas Prof. Husni.

“Tantangan zaman yang akan dihadapi kedepan sangat jauh berbeda dibandingkan pada masa 5  atau 10 tahun yang lalu. Saat ini kita berada pada era revolusi industri 4.0. Menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus memperkuat literasi lama dengan literasi baru, yaitu: Data Literation, Technology Literation dan Human Literation,” lanjutnya.

Selain itu, Rektor juga mengharapkan wisudawan/wisudawati dapat menjaga nama baik Unram kapan pun dan dimana pun berada serta terus menjalin tali silaturahim dengan Unram,

“Tetaplah menjalin tali silaturahim dengan almamater, agar kita bisa bersama-sama saling bahu membahu mengerahkan potensi masing-masing untuk kita transformasikan menjadi kemaslahatan bagi bangsa dan negara Republik Indonesia,” ungkapnya.

Lulusan terbaik pada wisuda periode ini  diraih oleh Imran dari Program Doktor Ilmu Hukum dengan IPK 3.52, Luh Utami dari Program Magister Akuntansi dengan IPK 3.87, Brian Umbu Rezi Depamede dari program Profesi Dokter dengan IPK 3.28, Kusmawati dari Program Manajemen dengan IPK 3.92, Baiq Intan Azizah dari Program D3 Akuntansi dengan IPK 3.64, dan Nurul Anggraini dari Prgram Vokasi Bima dengan IPK 3.33.

Kusmawati yang terpilih sebagai wakil wisudawan/wisudawati menyampaikan kesan dan pesan mengungkapkan rasa bangganya dapat menempuh pendidikan di Unram sebagai salah satu Universitas negeri terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Jika melihat peringkat Webometrics Unram yang menduduki posisi ke-19 dari ribuan universitas yang ada di Indonesia, maka Universitas Mataram termasuk salah satu Universitas terbaik di kancah nasional. Namun, tentu peringkat Unram harus terus ditingkatkan,”katanya.

Ia juga berharap, Unram dapat memberikan perhatiannya kepada para lulusan yang berprestasi agar dapat menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui program-program beasiswa. “kami berharap Unram dapat mengakomodir dan memberikan atensi kepada lulusan yang berprestasi untuk bisa difasilitasi memperoleh beasiswa agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,”ungkapnya. (HumasUnram)