Home>Berita>Seputar Kampus>UPT Perpustakaan Unram Gelar Training Akses E-Journal Proquest untuk Civitas Akademika

UPT Perpustakaan Unram Gelar Training Akses E-Journal Proquest untuk Civitas Akademika

Published On: August 29th, 2022By Tags: , ,

Mataram, Universitas Mataram – UPT Perpustakaan Universitas Mataram (Unram) menggelar kegiatan Training Akses E-Journal Proquest untuk Civitas Akademika Universitas Mataram (Unram) melalui aplikasi Zoom Meeting pada Rabu (24/08).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Mataram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr,St., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa setelah berpuluh-puluh tahun menanti akhirnya Unram berlanggan Proquest yang didalamnya ada jurnal internasional bereputasi, “dan tentunya ini akan memecahkan kehausan kita semua terhadap bahan bacaan yang berkualitas dan bisa memecahkan masalah yang selama ini kita hadapi,” ujarnya.

Manfaat yang bisa dirasakan berlanggang ProQuest yakni untuk peneliti, mahasiswa, dosen, dan seluruh staff Unram bisa mengakses database tersebut. Tidak hanya itu, Prof. Bambang memaparkan bahwa ini menjadi peluang adanya kebijakan baru. “Nantinya proposal sarjana, magister, dan doktor, harus mengkutip sejumlah tertentu artikel dengan terbitan 5 atau 10 tahun terakhir,” tegas Rektor Unram. Para peneliti, khususnya yang menggunakan dana BNPB nantinya juga akan diberikan kebijakan yang sama dengan hal tersebut. Sehingga dalam hal ini Prof. Bambang berharap setiap penelitian yang dibuat mengacu pada informasi-informasi terbaru dan melahirkan penelitian yang memiliki banyak pembaruan.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan training akses e-journal ProQuest oleh Dwi Janto Suandaru yang terhubung langsung dari Yogyakarta. Ia menyampaikan cara mengakses serta kelebihan ProQuest yang bisa memudahkan para peneliti. Contohnya jika terdapat jurnal berbahasa asing, bisa diterjemahkan langsung kedalam Bahasa Indoensia tanpa takut terjemahan tersebut salah. “Bapak ibu jangan ragu-ragu terhadap hasil terjemahannya, karena hasil terjemahan ini sudah diperiksa langsung oleh 5 ahli Bahasa Indonesia,” terang Pak Dwi.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Wakil Rektor Bidang Akademik, seluruh dekan fakultas, Direktur Program Pasca Sarjana, Kepala Lembaga dan UPT, Direktur Vokasi Ketua Program Studi di bawah Rektor, para dosen dan peneliti, serta perwakilan mahasiswa.

Berita Lainnya

Pengumuman

Agenda