Wiranto Ajak Mahasiswa Melawan Ancaman Disintegrasi Bangsa

 

Universitas Mataram bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang, Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Pulhukam RI) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Forum Koordinasi dan Singkronisasi Wawasan Kebangsaan di Auditorium Universitas Mataram, Sabtu, (04/08/2018). Forum yang bertemakan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Muda Guna menghadapi Ancaman Radikalisme di Era Global menghadirkan Menteri Koordinator Bidang, Politik, Hukum, dan Keamanan RI Dr. H. Wiranto, SH sebagai pembicara kunci.

Dalam sambutannya Wiranto menegaskan, pentingnya kesatuan dan persatuan untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Mantan Ketua Umum Partai Hanura itu menilai saat ini kedaulatan Indonesia sedang terancam atas kemunculan paham radikalisme dan terorisme. Menurutnya, ancaman ini perlu diwaspadai karena akan menimbulkan perpecahan bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Wiranto mengajak generasi muda untuk melawan segala bentuk ancaman yang saat ini sedang dihadapi Indonesia.

“Masa depan negeri ini kalianlah yang menentukan. Saya juga berpesan untuk lebih mengenali lagi negeri ini, sejarah perjuangan, serap semangat para pendahulu, jaga persatuan dan netralisir ancaman dari luar maka kita akan selamat sebagai bangsa,” jelasnya di hadapan mahasiswa yang memadati Auditorium Universitas Mataram.

Forum tersebut turut menghadirkan empat pembicara yaitu Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi NTB Drs. H. Lalu Syafi’I, MM, Tim Media Kemenko Polhukam M. Fariza Y. Irwandi, dan Pakar Pancasila Soeprapto, M.Ed.

Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum menyampaikan materi terkait Penanaman Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda dalam Rangka Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Drs. H. Lalu Syafi’I, MM menjelaskan materi tentang Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Rangka Mencegah Berkembangnya Paham Radikalisme. Sementara itu, M. Fariza Y. Irwandi menyampaikan materi terkait Literasi Media Sosial Untuk Kesatuan Bangsa serta Soeprapto, M.Ed memaparkan materi tentang Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Muda Guna Menghadapi Era Globalisasi.

Dalam kesempatan tersebut rangkaian acara ini diikuti dengan pembacaan dan penandatanganan Ikrar Setia Pancasila dan Siap Bela Negara. Ketua Kemenko Polhukam, Rektor Universitas Mataram, Gubernur Nusa tenggara Barat serta Perwakilan Mahasiswa dari Universitas Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, Universitas Nahdatul Wathan, Universitas Nahdatul Ulama, dan Sekolah Tinggi Agama Hindu menandatangani langsung ikrar tersebut. (Humas Unram).

2018-08-09T10:39:50+00:00

Upcoming Events

  1. GEBYAR PKM 2018

    September 16

Hubungi Kami :

Jl. Majapahit No.62 Mataram 83125

Phone: 0370-633007

Fax: 0370-636041

Web: https://unram.ac.id