Mataram, Universitas Mataram – Serikat Pekerja Bank Negara Indonesia (SP BNI) menyerahkan bantuan paket sembako kepada Tenaga Honorer Universitas Mataram (Unram) yang terdampak Covid-19. Paket sembako diterima secara simbolis oleh Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan (WR II) Prof. Dr. Kurniawan, SH., M.Hum di halaman gedung Rektorat, Jumat (3/7) pagi.

“Atas nama Universitas Mataram, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Serikat pekerja BNI yang sudah memberi bantuan kepada karyawan kami, khususnya yang terdampak Covid,” tutur Prof. Kurniawan mengawali sambutan.

Prof. Kurniawan menerangkan, BNI dan Unram telah bermitra cukup lama dan berharap kedepan kemitraan tersebut bisa ditingkatkan. Dia juga menuturkan, pihak kepegawaian Unram telah melakukan seleksi agar penerima bantuan sembako dari SP BNI tersebut bisa tepat sasaran.

“Kami telah memilih karyawan kami yang betul-betul terdampak, seperti ibu-ibu petugas kebersihan ini,” terang Prof. Kurniawan.

Selain petugas kebersihan, WR II Unram itu juga mengatakan tukang kebun, sopir dan satpam di lingkungan Rektorat Unram juga menerima bantuan tersebut dengan total sekitar 175 orang.

Prof. Kurniawan berharap, bantuan yang diberikan SP BNI kedepannya juga bisa menyentuh tenaga honorer di tingkat fakultas.

Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja BNI Resi Kapor, S.Pt. menjelaskan pemberian bantuan sembako tersebut dalam rangka  memperingati Ulang Tahun ke-74 BNI, selain juga sebagai bentuk sumbangsih kepada almamater.

“Antara Unram dengan BNI ibaratnya ayah dan anak, karena pegawai dari BNI Mataram itu hampir 80% nya adalah alumni Universitas Mataram,” ungkap lulusan Fakultas Peternakan Unram angkatan tahun 2009 itu.

Dia membeberkan, posisi-posisi penting dan strategis di Bank BNI Mataram hampir seluruhnya dipegang oleh alumni Unram. Dia bahkan mengatakan dalam 2 tahun terakhir ini, BNI Mataram telah merekrut 8 orang alumni Unram sebagai pegawai tetap.

“Potensi lulusan Unram secara kualitas lebih baik daripada lulusan lain. Itu yang harus kita banggakan sebagai alumni Universitas Mataram,” serunya.

Karena itu sebagai bentuk syukur, dirinya dan rekan-rekan pegawai BNI sesama alumni Unram berinisiatif untuk berkontribusi kepada almamater. Lebih-lebih ditengah pandemi saat ini, yang telah memukul hampir seluruh sektor kehidupan terutama perekonomian masyarakat kecil.

“Sehingga kita berbagi untuk kampus kita tercinta ini, bahwa kita pernah menjadi civitas akademika Universitas Mataram dan kami masih ingat bahwa kampus ini adalah kampus yang membesarkan kami,” semangatnya.

Resi optimis, kedepan pihaknya akan menjalin komunikasi dan kordinasi yang baik dengan Unram sehingga pegawai honorer Unram terdampak Covid di tingkat fakultas juga bisa menerima bantuan.

“Semaksimal mungkin kami akan berusaha berkordinasi agar bisa mengcover (memberikan bantuan serupa, red.) kepada fakultas-fakultas yang lain, Insyaa Allah,” tandasnya.